Standar Ukuran ID Card

Apakah  sebenarnya yang dimaksud dengan ID Card? ID Card atau kartu identitas merupakan tanda pengenal seseorang, agar orang lain bisa mengetahui siapa dirinya tanpa perlu berbicara, karena sudah terwakilkan oleh tulisan. Oleh sebab itu, ukuran ID Card tidak bisa dibuat sembarangan dan harus dibuat sesuai dengan standar yang berlaku agar tujuan dari tanda pengenal tersebut dapat tersampaikan dengan baik dan maksimal.

Selain menjadi tanda pengenal, ID Card juga memiliki fungsi lain seperti sebagai kartu tanda karyawan, kartu pelajar, kartu mahasiswa, kartu panitia serta yang lainnya. Sehingga tidak jarang jika pada acara tertentu panitia diharuskan memakai ID Card sebagai tanda pengenal. Lalu apa lagi fungsi dari ID Card? Berikut ini informasi lengkapnya.

Fungsi ID Card

fungsi
pixabay.com

Seperti namanya, ID Card berfungsi sebagai kartu identitas atau tanda pengenal. Sebenarnya tanda pengenal sudah dikenal dan dipakai sejak zaman dahulu oleh para anggota instansi atau lembaga pemerintahan.

Seiring berkembangnya teknologi, ID Card kini sudah sangat umum digunakan oleh masyarakat umum, seperti karyawan pabrik atau kantor, pelajar, mahasiswa ataupun panitia yang digunakan hanya saat acara tertentu saja.

Selain untuk kepentingan lembaga kepengurusan, kartu identitas juga memiliki peran yang penting untuk sector komersil, antara lain:

  • Sebagai kartu kredit ataupun kartu debit.
  • Sebagai kartu pelanggan atau member suatu toko atau pusat perbelanjaan.
  • Sebagai kartu yang digunakan di area permaian atau gilda game.

Berkat adanya ID Card, seseorang akan lebih mudah mengenal orang lain dan saling berkoordinasi. Selain itu, kartu tersebut juga bermanfaat sebagai ajang promosi dan branding suatu event bahkan merk tertentu.

Contohnya, ketika ID Card menjadi kartu member suatu pusat perbelanjaan, maka akan membuka peluang agar orang lain untuk lebih mengenal toko tersebut. Secara tidak langsung kamu juga telah mengikat pelanggan untuk terus datang kembali ke toko kamu.

Jenis – Jenis ID Card

Pernahkan kamu melihat dompet seseorang yang memiliki begitu banyak ID Card di dalamnya dengan berbagai ukuran, bentuk serta desain? Ya, hal tersebut dikarenakan jenis ID Card, bentuk serta fungsinya yang sangat beragam.

Sebagai contoh, KTP dengan kertu pelajar, tentu saja memiliki rupa seperti ketebalan dan bahan yang berbeda bukan? kemudian ATM, SIM,ID Card Organisasi, tanda pengenal karyawan serta yang lainnya.

Nah, itulah beberapa jenis ID Card yang paling umum dan sering kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Ukuran Standar ID Card

Setelah kamu mengerti apa itu ID Card, fungsi serta jenisnya, mengetahui ukuran ID Card juga sangat penting agar kartu identitas yang akan kamu buat nantinya sesuai dengan standar yang berlaku.

Mengapa harus memenuhi standar? Sebab, hal tersebut terlah diatur serta ditetapkan oleh ISO (International Organization for Standards.

ISO telah mengatur ukuran standar ID Card sesuai dengan jenis kertas yang digunakan. Hal tersebut bermaksud untuk mempermudah proses cetak dikarenakan printer juga memiliki standar yang berbeda pada ukuran kertas yang akan dicetak.

Lantas berapa ukuran standar ID Card yang telah ditetapkan oleh ISO? Berikut penjelasannya:

standar

Dari empat jenis ukuran ID Card menurut ISO di atas, ID-1 memiliki sudut bulat yang tidak dimiliki oleh ukuran ID Card lainnya, yaitu sudut bulat dengan radius 2,88 hingga 3,48 mm. Ukuran CR80 tersebut merupakan ukuran yang paling sering dan umum kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti SIM, KTP, member belanja dan lain-lain.

Selain mengatur serta menentukan ukuran suatu ID Card, ISO juga mengemukakan tentang ciri-ciri atau karakteristik ideal ID Card. Adapun ciri-ciri yang dimiliki kartu tanda pengenal atau Identity Card yaitu:

  • Resistensi terhadap air
  • Kelenturan
  • Bahan Kimia
  • Suhu serta Kelembapan
  • Toxisitas

Setelah ukuran serta karakteristik ID Card dijelaskan oleh ISO, ketebalannya pun tidak terlewatkan. Ukuran standar ketebalan dari ID Card yaitu 0,030 inchi atau 0,76 mm.

Standar Ukuran ID Card Secara Umum Menurut Kegunaannya

Setelah mengenal size ID Card yang sesuai dengan standar ISO, kini ID Card juga memiliki ukuran secara umum yang disesuaikan dengan penerapan fungsinya dalam berbagai aspek kehidupan. Sehingga kamu  tidak perlu heran jika menjumpai berbagai kartu identitas dengan ukuran serta ketebalan yang berbeda-beda. Adapun size serta kegunaan dari kartu identitas yaitu seperti di bawah ini:

  • 85,60 x 53,98 mm

Ukuran yang pertama yaitu 85,60 x 53,98 mm atau setara dengan 8,56 x 5,39 cm. Merupakan dimensi ID Card yang paling umum digunakan dalam berbagai kartu untuk keperluan komersil seperti ATM dan kartu kredit, kemudian tanda pengenal seperti KTP dan SIM serta kartu pengenal PNS.

  • 90 x 53 mm

Merupakan kartu identitas yang biasa digunakan untuk kartu nama pribadi, kartu pelajar, kartu mahasiswa serta kartu nama perusahaan. Ukuran jenis ini memiliki size yang sedikit lebih besar dari jenis size ID Card sebelumnya.

  • 105 x 74 mm

Adalah ID Card yang biasa digunakan sebagai name tag atau kartu panitia dalam acara tertentu yang kemudian diberi case.

Klasifikasi Penggunaan Name Tag serta ID Card

Dalam kasus tertentu, ID Card dan name tag memiliki dimensi atau ukuran yang berbeda. Selain berdasarkan kegunaannya, ID Card juga memiliki detail berdasarkan jenis atau bahan kertas yang digunakan. Yaitu:

1. ID Card B1

Biasa digunakan untuk kartu panitia yang dikaitkan dengan lati lanyard, yaitu dengan detail ukuran 10,2 x 6,5 cm.

2. ID Card B2

Biasa digunakan sebagai kartu panitia, memiliki size 12,6 x 7,9cm.

3. ID Card B3

Mempunyai dimensi 12,6×9,5 cm, secara umum digunakan untuk kartu keanggotaan suatu perusahaan.

4. ID Card B4

Ukurannya yaitu 13,5 x 9,5 xm serta memiliki case 10×15.

5. ID Card A1

Mempunyai dimensi 10 x 6,8 cm, biasanya digunakan sebagai perlengkapan yang dipasang atau dipajang secara mendatar atau landscape.

6. ID Card A2

Hampir sama dengan A1, A2 memiliki ukuran 10,6 x 8,2 cm. serta digunakan sebagai identitas mendatar.

Informasi lengkap mengenai ukuran ID Card, baik sesuai standar ISO atau secara umum di atas semoga bisa menambah wawasan kamu, sehingga tidak salah pilih ukuran maupun jenis kertas yang ingin digunakan.

ika kamu ingin membuat secara mandiri, kamu dapat membuatnya di Photoshop atau aplikasi lainnya. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.