Ukuran Kartu Nama di Indonesia dan Internasional

Kartu nama merupakan benda yang berukuran kecil namun sangat penting bagi kalangan pebisnis maupun untuk lembaga atau kantor tertentu. Melihat fungsinya yang sangat penting, kamu pun harus mengetahui ukuran kartu nama yang tepat.

Dengan begitu, kamu tidak akan salah dalam menentukan ukuran kartu nama yang ideal dan tampak professional.

Dengan adanya kartu nama, kamu tidak perlu repot-repot menjelaskan siapa nama kamu, dimana tempat kamu bekerja serta sebagai apa kamu bekerja. Seluruh informasi tersebut telah dimuat dalam kartu nama.

Namun tahukah kamu bahwa kartu nama memiliki ukuran standar baik di Indonesia maupun beberapa negara lainnya?

Untuk mengetahuinya, yuk simak artikel ini sampai habis!

Ukuran Kartu Nama Sesuai Standar Indonesia

kartu nama indonesia
blog.kartunama.net

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, size kartu nama memang berbeda di berbagai negara di Dunia.

Untuk Indonesia sendiri, kartu nama memiliki ukuran standar yaitu 90 x 55 mm atau jika dalam satuan cm yaitu menjadi 9 x 5,5 cm.

Ukuran tersebut juga berlaku bagi beberapa negara lainnya yaitu seperti Denmark, Norway, New Zealand, Australia, Vietnam, Colombia, Taiwan, Sweden dan India.

Ukuran Kartu Nama Sesuai Standar ISO

standar ISO
pixabay.com

Setelah mengetahui size kartu nama standar Indonesia dan beberapa negara sekawannya, lalu berapa standar ISO sebenarnya?

Menurut standar ISO, kartu nama memiliki ukuran A8 atau 74 x 52 dalam satuan MM serta 7,4 x 5,2 dalam satuan CM.

Berbeda dengan ukuran standar negara Indonesia ya?

Meski begitu, hal ini tidak menjadi masalah serius, dan yang perlu kamu lakukan adalah tetap mengikuti standar ukuran Indonesia.

Ukuran Kartu Nama Sesuai Standar Beberapa Negara Lainnya

Lantas bagaimana dengan kartu nama yang dimiliki oleh beberapa negara selain Indonesia dan negara yang telah tersebut di atas?

Apakah mengikuti standar ISO?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu dapat menyimak tabel di bawah ini ya.

standar ukuran

Jadi, itu dia berbagai ukuran name card berdasarkan dengan standar negara masing-masing. Artinya, beberapa negara di atas juga tidak mengikuti standar ukuran name card ISO.

Tidak hanya ukurannya saja yang sangat bervariasi, untuk bahan serta desainnya pun bisa kamu buat dengan berbagai kreasi dan variasi.

Standar Kertas Kartu Nama

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kartu nama juga memiliki standar untuk jenis kertas yang digunakan.

Dari sekian banyaknya jenis kertas yang ada, tidak semuanya bisa dibuat untuk kartu nama yang sesuai standar ya!

Pemilihan jenis kertas tentu saja akan mempengaruhi kualitas kartu nama nantinya. Oleh sebab itu, perhatikan baik-baik jenis kertas standar untuk kartu nama di bawah ini ya.

1. Art Paper atau Art Carton

Kedua jenis kertas tersebut memiliki karater yang hampir sama, hanya saja art carton memiliki ketebalan yang lebih jika dibandingkan dengan art paper.

Art paper atau art carton merupakan jenis kertas yang paling sering digunakan untuk membuat kartu nama.

Hal tersebut dikarenakan kertasnya yang cukup tebal yaitu 260 gr, sehingga membuat kartu nama menjadi lebih kokoh, awet serta tidak gampang rusak.

Alasan lainnya yaitu permukaan kertas yang memiliki kesan glossy membuat kartu nama dari kertas jenis ini semakin elegan, menarik dan lebih banyak digemari jika dibandingkan dengan jenis kertas lainnya.

2. Linen Jepang

Jenis kertas untuk kartu nama yang kedua yaitu linen Jepang. Linen Jepang merupakan jenis kertas lokal yang memiliki tekstur garis-garis. Jenis kertas ini biasa digunakan untuk kartu nama suatu perusahaan.

Dengan begitu, perusahaan akan terkesan lebih professional dan bonafit berkat kartu nama linen Jepang ini.

3. Mohawk Option

Jenis kertas selanjutnya yang banyak digunakan untuk membuat kartu nama adalah mohawk option. Yaitu jenis kertas dengan tekstur permukaan yang lebih halus. Dengan gramatur ketebalan 250gr.

Ketebalan sekian akan menjadikan kartu nama lebih kuat sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah kusut kemudian rusak.

Keistimewaan lainnya yaitu, kertas jenis ini memiliki daya serap tinta yang sangat tinggi. Dengan begitu, kartu nama yang dihasilkan akan lebih tajam, detail dan juga berkualitas.

Jika kamu menginginkan kartu nama yang berkualitas, menarik, awet, serta mampu memuat informasi yang lebih kompleks, maka kertas mohawk option adalah pilihan bahan yang tepat karena bisa dicetak bolak balik. Sungguh istimewa bukan?

Membuat Kartu Nama Termudah

Kartu nama memiliki manfaat yang begitu kompleks, contohnya yakni sebagai media promosi suatu perusahaan, identitas seseorang bahkan mahasiswa atau pelajar.

Membuat kartu nama memang terkesan rumit dan susah, namun sebenarnya cukup mudah dan tidak ribet jika kamu memahami bagaimana cara pembuatannya.

Kartu nama bisa dibuat dengan beberapa cara, baik offline seperti di Word, Pixel dan yang lainnya dan juga secara online. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Membuat Kartu Nama Secara Online

Cara membuat kartu nama secara online yang pertama yaitu dapat membuatnya melalui situs freepdfcards.com. Disana kamu akan diminta untuk memasukkan logo perusahaan, nama, alamat, kontak serta informasi lainnya. Isilah sesuai dengan yang diminta.

Selain melalui website tersebut, kamu juga dapat membuat kartu nama melalui beberapa situs lainnya seperti canva, aplikasi Business Card Maker, Jukebox dan yang lainnya.

Membuat Kartu Nama Secara Offline

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, membuat kartu nama bisa dilakukan melalui Microsoft Word, selain itu berbagai aplikasi lain seperti corel draw juga bisa digunakan untuk membuat kartu nama. Di bawah ini informasi selengkapnya.

  • Melalui Ms Word

Caranya cukup gampang, kamu hanya perlu memanfaatkan fitur yang ada pada Ms Word, yaitu Business Card. Pertama kamu akan disuruh memilih format kartu nama yang diinginkan, kemudian mengisi informasi dan selesai.

  • Melalui CorelDRAW

Hampir sama seperti word, corelDRAW juga memiliki fitur Business Card yang semakin memudahkan kamu dalam membuat kartu nama. Akan tetapi, dalam menggunakan aplikasi ini tentu saja memerlukan sedikit keahlian yang lebih supaya hasilnya lebih cantik.

Nah, itulah sederet ukuran kartu nama yang digunakan di berbagai negara, standar ISO, dan Indonesia. Kini kamu tidak akan bingung dan keliru lagi dalam membuat kartu nama. Selain memanfaatkan Word serta CorelDRAW, kamu juga dapat menggunakan aplikasi lain seperti Pixel dan Photoshop ya! Tentu semua itu dipilih sesuai dengan keahlian kamu masing-masing.

Selain ukuran kartu nama, mempertimbangkan jenis kertas yang digunakan juga tidak kalah penting. Yuk tuangkan kreasi kamu membuat kartu nama yang menarik dan berkualitas.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.