Cara Live di Tiktok dan Syarat yang Harus Dipenuhi

Berbincang tentang Tiktok, salah satu hal yang paling menarik dan menyenangkan dari aplikasi ini adalah kesempatan untuk live streaming. Ya, pengguna bisa melakukan live dengan menggunakan aplikasi ini, seperti untuk streaming game, membahas suatu isu, atau lainnya. Sayangnya, beberapa pengguna belum mengetahui bagaimana detail cara live di Tiktok.

Ya, perlu diketahui bahwa untuk bisa melakukan live menggunakan aplikasi Tiktok, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi serta tips yang perlu dipahami. Keduanya tentu akan membantu kamu untuk bisa live streaming dengan mudah dan mendapatkan banyak follower baru. Nah, penasaran bagaimana cara agar bisa live menggunakan Tiktok? Simak ulasan selengkapnya!

Beberapa Syarat Live di Tiktok Untuk Dipenuhi

live di tiktok

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum kamu memulai live streaming perdana menggunakan aplikasi Tiktok. Tentu saja, syarat ini sifatnya mutlak. Artinya, jika ada syarat yang tidak terpenuhi, maka sistem aplikasi tidak bisa menayangkan opsi live streaming.

Nah, adapun syarat yang dimaksud untuk live menggunakan aplikasi Tiktok adalah sebagai berikut:

1. Usia lebih dari 18 tahun

Salah satu syarat yang paling penting untuk memulai live streaming dengan aplikasi Tiktok adalah kamu harus berusia lebih dari 18 tahun. Ini adalah peraturan yang dibuat oleh developer untuk pengguna yang akan menginstal aplikasi Tiktok.

Artinya, dengan syarat usia ini, kamu yang belum berusia 18 tahun tentu tidak akan bisa menggunakan fitur live. Tidak hanya itu, jika kamu tetap berusaha mencari celah untuk melakukan live, maka fitur live tetap akan terkunci.

2. Follower minimal 1000

Untuk tampil secara live menggunakan aplikasi Tiktok, maka syarat kedua yang harus dipenuhi adalah jumlah follower aktif dari akun kamu minimal harus 1000. Nah, jika akun Tiktok sudah memiliki follower sejumlah yang ditentukan, tentu saja kamu bisa melakukan siaran langsung dengan mudah dan bebas. Sebaliknya, tanpa followers minimal 1000, maka fitur live tidak akan terbuka.

Bisa dikatakan jika syarat ini cenderung cukup berat, terutama untuk para pemula yang baru saja menggunakan aplikasi Tiktok. Tentu, untuk mendapatkan jumlah follower sebagaimana diharuskan, kamu perlu membuat konten yang tidak hanya kreatif, namun juga viral. Kamu juga harus cenderung lebih rajin untuk mempromosikan akun agar banyak follower baru yang bergabung.

3. Menggunakan versi aplikasi terbaru

Selain jumlah followers sebagaimana syarat di atas, untuk bisa live menggunakan aplikasi Tiktok, maka kamu harus menggunakan versi aplikasi terbaru. Sebenarnya, syarat ketiga ini tidak wajib. Dengan kata lain, kamu tetap bisa melakukan live tanpa harus memperbarui versi aplikasi.

Hanya saja, ada keuntungan lebih yang akan kamu dapatkan ketika live menggunakan versi aplikasi terbaru. Salah satu keuntungan yang didapatkan adalah stabilitas aplikasi yang cenderung lebih baik. Juga, Tiktok umumnya akan melakukan pembaruan pada fitur yang nantinya bisa digunakan saat melakukan live.

Nah, beberapa syarat di atas perlu dijadikan pertimbangan sebelum kamu memulai live di aplikasi Tiktok. Penuhi syarat tersebut dan live untuk berbagai hal menarik dengan follower.

Cara Live Streaming Aplikasi Tiktok

Setelah memenuhi syarat di atas, berikutnya kamu bisa ikuti cara live di Tiktok berikut. Sebenarnya kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang cenderung praktis dan mudah untuk dilakukan. Beberapa step yang perlu dilakukan untuk bisa live adalah sebagai berikut:

  • Pastikan beberapa syarat awal untuk live streaming sudah terpenuhi
  • Buka aplikasi Tiktok yang sudah terinstal di smartphone
  • Pada halaman utama di aplikasi Tiktok, klik tanda tambah (+) yang berada di bagian tengah dan bawah layar
  • Setelah itu, jika muncul halaman untuk perekaman video, maka geser menu yang berada di bawah tombol untuk perekaman video tiktok tersebut
  • Geser terus ke arah kanan hingga sampai ke bagian ujung. Kamu akan menemukan menu live yang tersedia. Menu ini tidak akan terbuka jika syarat di awal tidak terpenuhi
  • Buat caption, gunakan berbagai filter yang tersedia di aplikasi jika diperlukan dan beberapa teknis lain sebelum memulai live streaming
  • Setelah beberapa hal di awal dipersiapkan dengan baik, maka pilih tombol go live untuk memulai live streaming
  • Akhiri live streaming dengan menekan tombol stop kapanpun kamu mau.
  • Selesai

Jika dilihat dari detail di atas, kamu tentu bisa melakukan live menggunakan aplikasi ini dengan sangat mudah. Perlu diketahui juga, bahwa ketika kamu menekan tombol go live, maka secara otomatis follower yang sudah gabung dengan akun kamu akan mendapatkan pemberitahuan perihal tayangan langsung.

Selain itu, nantinya, setiap pemirsa yang menonton tayangan langsung kamu bisa memberikan like ataupun komentar. Tentu, kamu juga bisa membatasi atau menutup komentar dari video siaran langsung jika diperlukan.

Tips Live Streaming di Aplikasi Tiktok

Hal lain yang sebenarnya juga penting diketahui perihal live streaming menggunakan aplikasi Tiktok adalah tips agar live bisa berjalan lancar. Tentu, kamu ingin siaran langsung yang dilakukan berjalan tanpa kendala, bukan?

Nah, ada beberapa tips mendasar yang perlu disimak perihal live menggunakan Tiktok. Beberapa tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Gunakan perangkat yang memadai

Untuk memulai live, maka kamu harus memastikan bahwa perangkat yang digunakan cenderung memadai. Perlu diketahui, live dilakukan dengan menggunakan kamera depan. Oleh karenanya, untuk mendapatkan gambar live yang tajam serta tidak buram, maka kamu sebaiknya menggunakan perangkat dengan spesifikasi kamera depan yang cukup mumpuni.

2. Pastikan jaringan internet stabil

Masalah yang kerap terjadi saat live streaming adalah jaringan internet yang buruk sehingga video siaran langsung terlihat putus-putus. Masalah ini tentu saja sangat mengganggu, terutama saat kamu ingin berbagi informasi penting atau berdiskusi saat melakukan live.

Oleh karenanya, pastikan jaringan internet stabil ketika kamu melakukan live. Dalam hal ini, menggunakan jaringan Wi-Fi akan lebih disarankan daripada menggunakan jaringan mobile. Namun, jika kamu menggunakan jaringan mobile, pastikan gunakan provider yang terkenal tangguh di Indonesia.

3. Cek persentase baterai

Meskipun sepele, namun baterai juga cukup penting untuk dipersiapkan saat hendak live di aplikasi Tiktok. Tanpa disadari, live TikTok akan memakan daya baterai yang lebih besar dibandingkan aktivitas lainnya. Oleh karena itu, cek persentase baterai perangkat sebelum memulai live. Kamu memang bisa live sambil mengisi daya baterai, namun hal tersebut kurang disarankan. Selain ribet, aktivitas ini kurang bagus untuk ketahanan baterai.

Beberapa tips di atas perlu dijadikan acuan agar live streaming di Tiktok bisa berjalan dengan lancar. Lantas, apakah bisa melakukan live Tiktok menggunakan PC? Belum diketahui secara resmi apakah bisa atau tidak. Hanya saja, untuk menjalankan aplikasi ini di PC, kamu memerlukan emulator.

Kesimpulan

Demikian beberapa ulasan mengenai bagaimana cara live di Tiktok yang perlu diketahui. Melihat trend yang terjadi saat ini, tampaknya Tiktok akan menjadi salah satu aplikasi paling laris dan banyak digunakan di tahun 2021 ini. Karena melihat dari kontennya baik itu lagu atau video tiktok  sangat mudah viral dan tersebar di laman sosial media lain.

Jadi, jika kamu ingin membagikan informasi penting atau sekedar “ingin terkenal”, coba praktikkan cara live di TikTok tersebut, dan pastikan kamu sudah memenuhi seluruh syaratnya ya!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.