Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Koneksi jaringan internet nirkabel seperti WiFi yang cepat memang memberikan banyak sekali dampak positif. Salah satunya adalah dapat membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Dengan jaringan yang cepat tentu akan memberikan kepuasaan bagi diri sendiri saat menggunakan internet.

Akan tetapi, jika jaringan tiba-tiba menjadi lambat tentu akan membuat kamu merasa kesal bukan? Terlebih, jika jaringan WiFi tersebut digunakan oleh banyak perangkat. Sebenarnya, cara mempercepat koneksi WiFi sangatlah mudah.

Untuk bisa membuat jaringan WiFi lebih cepat dan tidak lemot, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

Mengganti Firmware Router

Hal pertama yang bisa kamu lakukan jika tiba-tiba jaringan WiFi mulai lambat ialah dengan mengganti Firmware Router. Biasanya, perusahaan pembuat router akan selalu memperbaharui software yang dimilikinya untuk dapat menghasilkan koneksi WiFi yang lebih cepat.

Reboot atau Restart Router

router

Hal lainnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan boot ulang router untuk membuat koneksi internet menjadi lebih cepat. Nah, untuk reboot router ini, jangan hanya dilakukan pada saat jaringan WiFi sedang lemot saja.

Namun, lakukanlah pengaturan otomatis untuk reboot router agar kualitas sinyal tetap baik. Dengan begitu, masalah jaringan WiFi yang lemot bisa kamu atasi.

Secara manual, kamu bisa menekan tombol power untuk off, biarkan selama 5-10 detik, kemudian tekan lagi untu on. Kamu bisa lakukan ini saat jaringan WiFi lambat atau bermasalah.

Setting Koneksi Smartphone

Jika kamu menggunakan smartphone seperti Xiaomi, ada cara khusus yang bisa digunakan untuk mempercepat koneksi WiFi tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Tentu, hal ini merupakan keuntungan bagi kamu para pengguna ponsel Xiaomi.

  • Pilih/masuk ke setting
  • Pilih menu WiFi
  • Scroll ke bawah, pilih opsi Advanced Setting
  • Pilih speed mode, untuk bisa memberikan prioritas terhadap bandwith, terdapat opsi reguler mode dan extreme mode

Reguler mode dapat digunakan untuk membagi bandwith secara merata untuk aplikasi yang berjalan di background (latar belakang) atau foreground (sedang digunakan).

Extreme mode digunakan untuk memprioritaskan bandwith pada aplikasi foreground (yang sedang digunakan).

Menempatkan Router pada Tempat yang Optimal

Jika cara mempercepat koneksi WiFi di atas belum juga berhasil, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengubah posisi router. Router memang dirasa kurang menarik jika di tempat di ruangan.

Akan tetapi, jangan tempatkan router pada lokasi yang tertutup seperti lemari atau beberapa tempat yang terhalang oleh tembok tebal.

Tempatkan router pada bagian tengah rumah agar sinyalnya bisa menjangkau ke beberapa ruangan. Atau tempatkan router pada salah satu ruang yang sering digunakan untuk membuka internet.

Mempercepat Koneksi Wifi dengan Mengganti Router Lama

Router yang sudah usang bisa jadi menjadi salah satu penyebab koneksi WiFi menjadi lambat. Nah, jika kamu menggunakan router standar 802. 11n, router dengan jenis tersebut memiliki batas bandwidth yang cukup rendah.

Update router tersebut dengan router yang sudah dilengkapi dengan standar terbaru yakni 802.11n ac. Router dengan standar baru tersebut dapat mendukung bandwidth hingga mencapai 1 Gbps.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.