Emulator Android Paling Ringan

Memainkan game Android di PC terkadang cenderung lebih mengasyikkan. Layar PC yang lebih lebar tentu akan membuat sesi bermain game lebih mengasyikkan. Ditambah, saat ini, sudah terdapat cukup banyak emulator Android paling ringan yang bisa dikamulkan untuk membantu kamu bermain game favorite di PC dengan spesifikasi kentang sekalipun!

Sebagaimana diketahui, emulator adalah software yang dibutuhkan untuk memungkinkan sistem PC menjalankan sistem Android. Umumnya, software ini memerlukan spesifikasi PC yang cukup tinggi sehingga awalnya hanya segelintir orang saja yang bisa menggunakannya. Nah, kali ini akan dibahas tentang beberapa emulator yang bisa dijalankan untuk PC spek rendah. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Daftar Emulator Android Ringan Untuk PC Spesifikasi Rendah

Berbincang tentang software emulator untuk PC dengan spesifikasi yang rendah, kini kamu akan menemukan beberapa rekomendasi terbaik untuk digunakan. Tentu, software ini bisa digunakan dengan lancar meskipun Kamu hanya memiliki PC dengan RAM 1GB.

Lantas, apa saja emulator paling ringan yang bisa digunakan? Cek detail di bawah ini!

1. Droid4x

emulator
uptodown.com

Bisa dikatakan bahwa Droid4x adalah opsi software yang cukup ringan untuk menjalankan aplikasi atau game Android di PC. Dalam sistem yang dibutuhkan, PC dengan RAM 1GB pun sudah bisa menjalankan software ini dengan lancar tanpa kendala.

Selain itu, ada beberapa kelebihan dari Droid4x yang bisa menjadi alasan kenapa software ini cocok untuk kamu gunakan. Di samping spesifikasi yang cukup rendah, Droid4x memiliki dukungan add-ons. Dengan dukungan ini, nantinya kamu bisa mengontrol game yang dimainkan di PC menggunakan smartphone.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan custom pada keyboard untuk memainkan game. Nah, dengan adanya fitur custom ini, memainkan game Android di PC selain lebih mudah, juga lebih menarik.

Untuk menggunakan software ini, spesifikasi PC yang diperlukan adalah:

  • Windows 7/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
  • Intel/AMD Dual core processor
  • OpenGL 2.0 ke atas
  • 1GB RAM/4GB RAM (recommended)
  • 4GB free disk
  • 8MB file size

Jika dilihat dari detail spesifikasi di atas, software ini tentu cukup ringan dan mudah digunakan, bukan?

2. Leapdroid

emulator android
uptodown.com

Software berikutnya yang bisa dikamulkan untuk memainkan game Android –ataupun juga aplikasi lainnya, di PC adalah Leapdroid. Nah, Leapdroid bisa didapatkan secara gratis dan bisa diinstal untuk beberapa OS Windows berbeda yang digunakan.

Selain gratis, Leapdroid juga cukup mengesankan dengan adanya kemudahan dalam melakukan custom untuk controller. Tidak hanya itu, software ini hanya memerlukan sekitar 250 MB saja di drive.

Spesifikasi PC yang diperlukan untuk menjalankan software ini adalah sebagai berikut:

  • Windows 7 ke atas, 32 bit atau 64 bit
  • Dual-core AMD atau Intel CPU
  • Graphical Processing Unit of GL2.1
  • RAM 2GB (minimal)
  • 2GB free disk space minimal
  • Mengaktifkan Hyper-V untuk Windows 8 ke atas (recommended)

Software ini tidak memerlukan spesifikasi PC yang terlalu tinggi. Hanya saja, pastikan jika RAM PC Kamu cukup mumpuni untuk menjalankannya.

3. MEmu

emulator ringan

Dirilis pada tahun 2015 yang lalu, MEmu menjadi salah satu emulator Android paling ringan dan terbaik yang bisa kamu gunakan. Software ini cukup membantu untuk kamu yang ingin menjalankan beberapa aplikasi atau bermain game Android di PC dengan cukup lancar.

Hal menarik dari MEmu adalah adanya pengaturan tingkat lanjut. Pengaturan ini sangat membantu karena dengan setting ini nantinya kamu sebagai user bisa mengutak-atik detail setting software untuk agar game atau aplikasi bisa dijalankan dengan lebih lancar.

Spesifikasi PC minimum untuk software ini adalah sebagai berikut:

  • x86/x86_64 Processor Intel atau AMD
  • Windows XP SP3 / Win7 / Win8 / Win8.1 / Win10
  • Windows DirectX 11
  • RAM 2 GB
  • Free space hard disk 2 GB

Spesifikasi dari software ini cukup ringan. Bahkan, Kamu yang masih menggunakan OS Windows lama pun bisa menggunakannya dengan mudah!

4. Windroye

emulator paling ringan
software.informer.com

Windroye menjadi opsi emulator selanjutnya yang bisa digunakan baik untuk memainkan game favorite atau menjalankan beberapa jenis aplikasi Android menggunakan PC. Software yang satu ini menawarkan performa yang sangat stabil dan banyak pengguna mengklaim bahwa tidak ada lag yang terjadi ketika menjalankan software ini di PC.

Tidak hanya stabilitas yang cukup maksimal, Windroye menawarkan fitur yang cukup lengkap. Beberapa fitur menarik diantaranya adalah software ini bisa dioperasikan dengan mode full-screen pada PC. Selain itu, Windroye mendukung penggunaan mouse dan keyboard yang tentu akan memudahkan Kamu untuk memainkan game favorite.

Nah, spesifikasi PC yang diperlukan untuk menjalankan software ini adalah sebagai berikut:

  • Intel Pentium 1.6GHz.
  • 500 MB Disk Space.
  • 1 GB RAM
  • Windows Vista, 7, 8, 10 32/64 bit

Jika dibandingkan dengan software sejenis lainnya, software ini yang membutuhkan free disk PC cukup kecil. Tentu, ukuran file instal yang tidak terlalu besar cocok untuk Kamu yang memiliki memori PC yang terbatas.

5. Nox Player

emulator cepat

Bisa dikatakan jika Nox Player adalah salah satu emulator yang bisa digunakan dan cukup populer. Software ini bahkan tersedia tidak hanya untuk OS Windows saja, melainkan juga untuk Mac!

Salah satu fitur yang paling menarik dari software ini adalah fitur multi simulator. Dengan adanya fitur ini, nantinya kamu bisa membuka game dan aplikasi Android dengan beberapa akun sekaligus. Juga, Nox Plater sudah mendukung beberapa perangkat konsol, termasuk joystick yang akan memudahkan kamu memainkan game favorite tanpa khawatir lag.

Spesifikasi PC yang diperlukan untuk menjalankan software ini adalah sebagai berikut:

  • 2 GHz PC processor.
  • RAM 2 GB
  • Video Memory 1 GB
  • 1 GB free disk

Sekilas, memang spesifikasi PC yang diperlukan untuk menjalankan software ini cukup tinggi jika dibandingkan software lain. Hanya saja, kamu nantinya tidak akan menyesal dengan performa yang ditawarkan oleh Nox Player.

6. Blue stacks

emulator pc

Siapa yang belum pernah mendengar Blue stacks? Bisa dikatakan jika Blue stacks termasuk software PC untuk menjalankan aplikasi Android yang cukup terkenal dan banyak digunakan. Hal ini dikarenakan Blue stacks tidak hanya cepat untuk menjalankan aplikasi Android, tetapi juga stabil.

Selain itu, Blue stacks juga memiliki fitur multi instance. Ini adalah fitur yang begitu istimewa karena memudahkan pengguna untuk memainkan game atau membuka aplikasi Android sekaligus dengan akun yang berbeda. Nah, untuk Kamu yang ingin download Blue stacks, spesifikasi PC yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • OS Microsoft Windows 7 dan versi atasnya
  • Intel or AMD Processor.
  • RAM minimal 2 GB
  • Free hard disk minimal 5 GB

Spesifikasi yang diperlukan untuk menginstal blue stacks memang cukup tinggi. Namun, software ini menawarkan stabilitas yang cenderung maksimal sehingga bisa memuaskan Kamu saat menggunakannya.

Kesimpulan

Nah, beberapa opsi di atas adalah pilihan emulator Android paling ringan yang bisa menjadi pertimbangan untuk digunakan. Hanya saja, tidak ada cukup pilihan jika Kamu mencari software emulator untuk PC dengan RAM 512 MB. Sementara untuk pengguna PC RAM 1GB, masih ada pilihan menarik untuk kamu gunakan. Semoga membantu.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.