Ukuran KTP Standar Indonesia dan Negara di Dunia

KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan kartu identitas yang wajib dimiliki oleh seluruh warga negara Indonesia yang telah berumur 17 tahun. Tapi, pernahkah kamu mengukur berapa ukuran KTP yang kamu miliki? Ukuran dari kartu identitas tersebut tentu saja tidak dibuat asal-asalan, melainkan ada standar serta prosedurnya ya.

Oleh sebab itu, Indonesia menerapkan standar dari ISO atau International Organization for Standardization, sehingga ukuran e-KTP ataupun KTP yang ada di Indonesia sama dengan berbagai negara di dunia.

Semakin majunya teknologi, dahulu KTP hanya berupa kertas yang dibungkus dengan plasti. Namun kini sudah beralih ke e-KTP atau KTP berbasis elektronik dengan bahan yang lebih berkualitas. Kira-kira berapa ya ukuran KTP Indonesia serta standar Internasional? kamu penasaran? Yuk simak informasinya di bawah ini:

Ukuran KTP di Indonesia

Indonesia memiliki 2 jenis KTP elektronik, meksipun saat ini sebagian besar penduduk Indonesia sudah beralih ke e-KTP. Kedua jenis tersebut memiliki ukuran yang sedikit berbeda. Adapun size KTP yang berlaku di Indonesia yaitu:

ktp

Size atau dimensi dari e-KTP di Indonesia telah diatur sesuai dengan standar ISO (International Standard Organization) 7810 (ID-1). Menurut BPPT atau Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, KTP berbasis elektronik yang ada di Indonesia terdiri atas tujuh lapisan berbahan dasar PET-G (Polyethylene terephthalate Glycol) serta memiliki ukuran 85,60 x 53,98 mm.

Selain itu, e-KTP juga dibekali dengan teknologi biometrics serta kartu chip yang mampu menyimpan data pemilik KTP, foto bahkan sidik jari. Tidak hanya ukuran dan bahan, interface pada chip tersebut juga dibuat sesuai standar ISO 1443 A/B. Data atau informasi yang ada di dalam KTP selanjutnya juga akan digunakan dalam KK atau Kartu Keluarga.

Ukuran KTP Berbagai Negara di Dunia

Sama seperti Indonesia, beberapa negara di dunia juga memiliki standar ukuran ID Card yang disesuaikan dengan standar ISO. Penerapan peraturan atau standarisasi mulai dari ukuran, desain hingga detailnya juga ditetapkan oleh banyak negara lain. Nah, berikut ini beberapa ukuran KTP yang ada di berbagai negara  di dunia:

  1. 9,1 cm x 5,5 cm

Ukuran yang pertama ini adalah size KTP yang terbesar di dunia, digunakan sebagai ukuran standar KTP di Jepang dimana merupakan salah satu negara maju bagi Indonesia.

  1. 9,0 cm x 5,5 cm

Sebagian besar negara di Asian menggunakan ukuran standar untuk KTP 9 x 5,5cm, diantaranya yaitu Colombia, Australia, New Zealand, Vietnam, India, Denmark dan Nowegia.

  1. 9,0 cm x 5,4 cm

Tidak jauh berbeda dengan ukuran sebelumnya, ukuran KTP yang satu ini digunakan oleh beberapa negara di Asia juga, yaitu Singapura, China dan Hongkong.

  1. 9,0 cm x 5,0 cm

Ukuran kartu identitas yang selanjutnya yaitu 9 x 5 cm, merupakan ukuran kartu identitas yang tergolong agak besar jika dibandingkan dengan Indonesia. Standar ukuran ini digunakan oleh warga negara Hungaria dan Ceko.

  1. 8,9 cm x 5,1 cm

Merupakan ukuran standar kartu identitas yang digunakan oleh Belanda. Tidak hanya sebagai kartu tanda penduduk saja, namun ukuran tersebut juga dijadikan tolok ukur untuk beberapa kartu identitas di negara tersebut.

Negara lain seperti Kanada dan Amerika juga menggunakan standar ukuran tersebut untuk kartu identitas bahkan ukuran ID Card lain agar memiliki ukuran yang sama rata antara satu dengan yang lainnya.

  1. 8,5 cm x 5,5 cm

Beberapa negara seperti Italia, Prancis, Inggris dan Spanyol menggunakan standar ukuran ini dalam berbagai kartu identitas di negaranya. Termasuk kartu tanda penduduk dari masing-masing negara.

Ukuran Kartu Identitas Menurut ISO

ukuran

Tidak hanya KTP, namun beberapa jenis ID Card yang lainnya juga diatur oleh ISO dan berlaku secara global atau mendunia. Beberapa jenis ID Card seperti KTP, SIM, kartu credit, kartu debit dan yang lainnya telah diatur oleh ISO /IEC 7810. Dimana ISO menetapkan 4 ukuran standar kartu sesuai kegunaannya, yaitu:

Cara Setting Size KTP pada Komputer

Setelah mengetahui ukuran KTP di atas, kini Anda juga membuat ID Card lain yang setara dengan KTP sehingga penyimpnannya sudah terjamin mudah, karena ukurannya yang sudah memenuhi standar. Anda dapat membuat berbagai jenis ID Card di CorelDRAW atau di Photoshop dengan memanfaatkan template dan fitur yang telah tersedia.

Jika sudah membuat desain yang Anda inginkan, lantas bagaimana cara print dengan ukuran yang sesuai dengan size KTP? Salah satu cara yang paling mudah adalah melalui MS Word. Bahkan Anda juga bisa mencetak gambar secara bolak balik seperti ID Card pada umumnya.

Pengetahuan tentang hal ini tentu saja akan sangat berguna, baik ketika Anda bekerja di jasa percetakan, fotocopy atau tidak. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka dan jalankan aplikasi MS Word pada laptop atau komputer Anda, tidak perlu menggunakan versi terbaru ya, semua versi bisa digunakan.
  • Selanjutnya pilih menu “Insert” lalu pilih “Picture

Disini Anda dapat menambahkan hasil scan KTP (dengan kondisi sudah tercrop) atau file ID Card yang telah dibuat sebelumnya. Jika sudah, pilih dan masukkan file yang ingin di print.

  • Klik kanan pada gambar dan pilih menu “Size and Position” . Selanjutnya masukkan size yang Anda inginkan, jika sesuai KTP maka 5,398 cm untuk tinggi dan 8,56 cm untuk lebarnya. Dan klik “OK”.
  • Klik kanan pada gambar dan pilih “Wrap Text” lalu pilih “In Front of Text
  • Selanjutnya pilih menu “Format” →”Colors” dan pilih “Grayscale” untuk warna hitam-putih.
  • Agar hasil print lebih rapi, atur posisi dengan fitur “Gridilines”. Jika sudah dirasa pas kemudian kilik “File” kemudian “Print”. Selesai tinggal nunggu hasil printnya keluar.

Kesimpulan

Cara menyeting ukuran setara KTP di atas juga bisa Anda terapakan pada beberapa aplikasi lain serti di CorelDRAW atau di Photoshop. Untuk membuat ID Card kini semakin dipermudah dengan adanya template yang telah tersedia pada masing-masing aplikasi. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.