Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Shopee semakin membuat penggunanya ketagihan belanja lewat online, berkat hadirnya Shopee PayLater. Inilah solusi bagi untuk tetap bisa belanja di Shopee meski gajian masih jauh.

Sebelumnya, Shopee telah mengeluarkan sistem pembayaran Shopee Pay. Tak berseling lama, kini Shopee menghadirkan program Shopee PayLater yang tidak kalah menggoda dan akan semakin memudahkan penggunanya untuk melakukan transaksi pembelian.

Affiliate Lazada

Berikut ini akan dibahas tidak hanya cara mengaktifkan, namun juga syarat, limit pinjaman, suku bunga, serta cara berhenti Shopee PayLater lengkap dan mudah dipahami. Simak artikelnya untuk lebih meyakinkan kamu menggunakan fitur kredit ini.

Apa Itu Shopee PayLater?

marketplace
Image source: cermati.com

Fitur ini merupakan fasilitas pinjaman atau kredit untuk memudahkan belanja di Shopee. Kamu dapat membayar dengan sistem mencicil atau membayar di bulan selanjutnya dengan limit sejumlah transaksi.

Mungkin tidak sedikit orang yang pernah mengalami kehabisan uang ketika ingin membeli suatu produk. Nah, dengan Shopee PayLater hal itu tidak akan terjadi lagi. Karena Shopee PayLater dapat memberikan pinjaman hingga Rp750.000 bahkan Rp. 1.800.000 untuk para penggunanya.

Keuntungan Shopee PayLater

  1. Pengguna bisa beli sesuatu di Shopee sekarang juga dan bayarnya nanti tanpa minimum transaksi, dan tagihan bisa dibayarkan pada bulan berikutnya maksimal tanggal 5
  2. Diperbolehkan mengajukan penambahan limit 1x sebesar Rp1,8 juta dalam waktu 24 jam
  3. Dapat check out sepuasnya selama tidak melewati limit pinjaman
  4. Bunga pinjaman dana 0% untuk pinjaman awal

Syarat Daftar dan Menggunakan Shopee PayLater

Sebelum mempelajari bagaimana cara mengaktifkan Shopee PayLater, ketahui dulu syaratnya. Mengingat tidak semua pengguna bisa daftar menggunakan fitur ini, sebab ada banyak pengguna Shopee yang ternyata masih di bawah umur.

Karena alasan ini maka Shopee memberlakukan syarat jika pengguna ingin menggunakan fitur Shopee PayLater. Berikut ini syarat dan ketentuannya:

  1. Menginstall aplikasi versi terbaru.
  2. Minimal akun Shopee kamu telah aktif lebih dari 3 bulan.
  3. Malakukan transaksi rutin secara berkala di Shopee.
  4. Shopee Pay harus sudah aktif dan terverifikasi.
  5. WNI dengan usia minimal 17 tahun atau telah memiliki KTP yang akan digunakan dalam altivasi Shopee PayLater.
  6. Tidak bisa mengubah metode pembayaran atau membatalkan pesanan selama proses pengajuan penambahan limit pinjaman.
  7. Shopee PayLater tidak dapat digunakan untuk membeli barang dari kategori “Voucher” dan produk digital.

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Setelah ketentuan dan persyaratan di atas terpenuhi, maka selanjutnya tinggal aktifkan Shopee PayLater. Caranya sangat mudah dan tidak harus lewat aplikasi terpisah. Cukup di aplikasi dan akun yang sama.

Inilah langkah-langkah untuk dapat menggunakan metode pembayaran Shopee PayLater.

  1. Buka aplikasi Shopee versi terbaru di layar perangkat.
  2. Pilih menu “Saya” di bagian kanan pojok bawah. Maka akan muncul pilihan “Shopee PayLater” di sana kemudian klik.
  3. Setelah itu kamu akan masuk pada menu Shopee PayLater dan pilih “Aktifkan Sekarang” , selanjutnya kamu akan langsung mendapat pinjaman sebesar Rp750.000.
  4. Cek apakah ada SMS beriisikan kode verifikasi. Masukkan kode tersebut pada kolom verifikasi dan pilih “Lanjut” untuk ke langkah selanjutnya.
  5. Inilah kenapa pengguna harus berusia 17 tahun, karena cara mengaktifkan Shopee PayLater membutuhkan KTP untuk diverifikasi. Unggah foto KTP sesuai Jangan lupa untuk memasukkan nama lengkap dan NIK untuk dicek lalu pilih “Konfirmasi”.
  6. Isi dengan lengkap informasi tambahan seperti nama ibu kandung, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan kontak yang dapat dihubungi saat darurat. Lanjut dengan pilih “Konfirmasi”.
  7. Jika tadi sudah verifikasi KTP, maka sekarang verifikai wajah dengan swafoto diri bersama KTP di bawah dagu tanpa menutupi wajah sesuai bentuk frame yang disediakan. Foto di tempat dengan pencahayaan cukup agar hasilnya jelas.
  8. Tunggu masa verifikasi Shopee PayLater maksimal 2 hari kerja, dan fitur ini sudah bisa digunakan. Jika prosesnya gagal terus atau terjadi hambatan maka harus dicek kembali syarat dan ketentuannya.
  9. Lalu, akan muncul notifikasi yang menyatakan kamu berhasil mengaktifkan fitur pinjaman Shopee PayLater. Jika pengajuan ditolak, kamu bisa mengajukan kembali dan menunggu.

Limit Pinjaman Shopee PayLater

Limit pinjaman akan menunjukkan jumlah nominal sebesar 700 ribuan. Metode bayar ini tidak hanya bisa digunakan untuk belanja barang, namun juga membayar tagihan. Jika limit tidak cukup, kamu bisa ajukan penambahan dalam waktu cepat.

Tagihan akan muncul di tanggal 25 setiap bulan dan masa jauh tempohnya tanggal 5 pada bulan berikutnya. Bayarlah tepat waktu di bulan berikutnya, sehingga kamu bisa  mempermudah kenaikan limit di bulan-bulan berikutnya. Jumlah transaksi per bulan juga berpengaruh kenaikan pengajuan pinjaman.

Suku Bunga untuk Cicilan dan Transaksi Shopee PayLater

Karena sistem pinjaman, maka diberikan suku bunga untuk tiap transaksi cicilan, dan kamu harus memastikan jika limit pinjaman cukup. Hal ini bisa kamu cek pada halaman utama Shopee PayLater kamu di menu “Saya” dan pilih “Shopee PayLater”.

Suku bunga untuk cicilan 2, 3, dan 6 bulan sebesar 2.95% dan biaya penanganan 1% untuk pembayaran Beli Sekarang Bayar Nanti per transaksinya. Jika terlambat membayar tagihan, akan terkena denda 5%. Kebijakan ini diterapkan agar pengguna membayar tagihan secara rutin dan tepat waktu. Pastikan kamu tidak membayar lebih dari tanggal 5 per bulannya.

Cara Memberhentikan Fitur Shopee PayLater

Jika cara di atas sudah kamu lakukan, maka sekarang tinggal nikmati saja kegunaannya. Namun, jika fitur ini jarang terpakai dan kamu tidak begitu membutuhkan metode bayar kredit, maka sebaiknya non aktifkan Shopee PayLater. Sayangnya, fitur ini tidak bisa dihapus jika sudah melakukan verifikasi KTP dan lain sebagainya.

Namun solusi lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menghapus akun Shopee kamu untuk mencegah menyalagunakan Shopee Paylater kamu oleh pihak yang tidak diinginkan. Jika akun terhapus, otomatis Shopee PayLater juga tidak aktif.

Namun, sebelum menghapus akun Shopee secara permanen, pastikan saldo ShopeePay ditarik atau ditransfer ke rekening kamu, serta pastikan tidak ada transaksi yang sedang berlangsung.

Berikut ini cara menonaktifkan Shopee PayLater dengan hapus akun:

  1. Cari menu “Saya”.
  2. Klik “Pengaturan Akun”.
  3. Pilih “Ajukan Penghapusan Akun”.
  4. Klik tombol OK untuk melanjutkan peringatan yang muncul.
  5. Buka “pesan”, cari SMS dari Shopee yang berisi kode verifikasi.
  6. Paste kode di kolom yang disediakan.
  7. Selanjutnya, pilih “Lanjut”.
  8. Pilihlah alasan mengapa kamu harus menghapus akun Shopee kamu.
  9. Masukkan email yang diminta, setujui syarat ketentuannya untuk menghapus akun secara permanen.
  10. Pilih “Kirimkan” dan Shopee akan memprosesnya.
  11. Tinggal berdoa agar Shopee menyetujuinya dan data akun kamu aman.

Shopee memang selalu bisa menyenangkan para penggunanya, salah satunya dengan kehadiran fitur Shopee PayLater ini. Segera nikmati keuntungannya dan coba cara mengaktifkan Shopee PayLater tersebut untuk membantu kamu mendapatkan sistem cicil tanpa perlu daftar kartu kredit.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.