Rekomendasi Emulator PS1 Untuk Android dan PC

Kehadiran emulator PS1 Android bisa dikatakan menjadi angin segar bagi penggemar game lawas. Sebagaimana diketahui, PS1 adalah konsol generasi pertama yang dirilis Sony pada tahun 1994 yang lalu. Meskipun kini generasi PS terbaru sudah hadir, namun memainkan game lawas PS1 masih cukup mengasyikkan.

Nah, emulator adalah jawaban dari keinginan Kamu untuk memainkan game lawas PS1. Dengan software ini, game-game lawas favorite kamu bisa dimainkan dengan mudah menggunakan device smartphone yang kamu miliki. Nantinya, ketika sudah memiliki software ini, kamu hanya tinggal mencari file ISO dari game yang ingin Kamu mainkan.

Emulator Game PS1 Terbaik Untuk Android dan PC

Berbincang tentang emulator untuk memainkan game lawas PS1 menggunakan smartphone Android, ada beberapa pilihan software terbaik yang bisa dipilih. Tentu, adanya beberapa opsi akan memudahkan kamu memilih mana emulator yang tepat dan bisa dikamulkan sesuai dengan spesifikasi smartphone yang kamu mainkan.

Beberapa rekomendasi software emulator untuk memainkan game lawas PS1 menggunakan Android adalah sebagai berikut:

1. Classic Boy

emulator
verdiand.net

Classic Boy adalah salah satu software terbaik yang bisa dikamulkan untuk memainkan game lawas yang kamu sukai. Ya, dengan menggunakan Classic Boy, memainkan game PS1 menggunakan Android tidak hanya mudah, tetapi juga terkesan lebih ringan.

Apa yang menarik dari software ini adalah interface Classic Boy yang cenderung sederhana. Dengan interface yang user-friendly, tentu saja kamu akan semakin mudah untuk menggunakannya.

Terlebih, Classic Boy tersedia secara gratis di Google Play. Kamu yang ingin menggunakannya hanya perlu download aplikasi ini dan menginstalnya seperti biasa di smartphone yang digunakan.

2. ePSXe

PS1
play.google.com

ePSXe adalah salah satu pilihan emulator terbaik untuk memainkan game PS1 yang sudah banyak direkomendasikan. Kehadirannya akan membuat kamu bisa memainkan game lawas PS1 dengan mudah tanpa ribet.

Banyak hal menarik yang ditawarkan ePSXe untuk para user. Emulator ini memberikan opsi custom yang cenderung cukup mengesankan di mana ada beragam plugin serta bios yang tersedia dan bisa diunduh secara terpisah.

Tidak hanya itu, ePSXe juga menyediakan fitur pengaturan yang cukup lengkap dan bisa disesuaikan dengan game yang dimainkan. Dengan detail fitur pengaturan ini, nantinya kamu bisa mendapatkan detail gambar game yang cenderung lebih tajam serta running game yang jauh lebih stabil.

Menariknya, ePSXe tidak hanya bisa digunakan untuk smartphone Android saja. Kamu juga bisa menggunakan software ini untuk memainkan beragam game PS1 yang unik sambil nostalgia menggunakan PC.

3. RetroArch

PS1
play.google.com

Pilihan lain untuk emulator PS1 Android yang direkomendasikan adalah RetroArch. Yups, software ini begitu menarik dan mengesankan untuk menghadirkan game lawas PS1 dalam rupa yang lebih modern.

Salah satu hal menarik dari RetroArch adalah antar muka yang cenderung inovatif. Saat kamu membuka software ini setelah instal, kamu akan menemukan sebuah antar muka yang tidak hanya unik, tetapi juga lengkap dengan gabungan beberapa fungsi berbeda dalam satu aplikasi.

Nah, untuk kamu yang cenderung suka untuk mengutak-atik pengaturan default emulator, maka RetroArch adalah software yang cocok untukmu. Tentu, dengan mengutak-atik pengaturan yang tersedia nantinya kamu akan mendapatkan running game yang lebih ringan dan lebih stabil.

Hal menarik lain dari RetroArch adalah adanya opsi membuat game bagi para pengguna. Keunggulan ini didapatkan karena RetroArch menggunakan sebuah program bernama Liberto. Nah, program inilah yang memungkinkan kamu membuat sebuah game menarik yang mungkin terinspirasi dari game-game lawas yang dulunya sering Kamu mainkan.

4. Emubox

Android
verdiand.net

Untuk memainkan game klasik yang menjadi favorite kamu, Emubox bisa menjadi software yang kamu andalkan. Bisa dikatakan jika Emubox adalah pilihan yang lengkap. Pasalnya, emulator ini tidak hanya bisa digunakan untuk memainkan game PS1 saja, namun juga beberapa jenis game lain seperti GVA, SNES, NDS dan game lainnya.

Tidak hanya itu, apk Emubox sudah diunduh lebih dari 500.000 pengguna. Besarnya angka download ini tentu menjadi bukti jika Emubox adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa dipertimbangkan.

Kamu yang tertarik dengan software ini bisa mendapatkannya dengan mudah di Google Play. Ukuran file Emubox tidak terlalu besar, yakni sekitar 43 MB saja. Selain itu, sistem Android yang dibutuhkan pun tidak terlalu tinggi. Software ini bisa digunakan untuk perangkat Android dengan OS minimal 4.1. Sangat menarik, bukan?

Dan ternyata, selain bisa memainkan game PS1 di perangkat Android. Kamu juga bisa memainkan game android di perangkat PC. Nah, yang harus dilakukan adalah harus menginstall emulator android di perangkat pc yang kamu punya.

5. FPse

android
play.google.com

FPse juga termasuk salah satu emulator yang bisa digunakan untuk memainkan aneka game lawas PS1 lawas. Apa yang menarik dari software ini? Salah satunya ialah kualitasnya yang tidak bisa dipkamung sebelah mata.

Ya, FPse menggunakan program OpenGL. Dengan adanya program ini nantinya kamu memiliki kesempatan untuk memainkan game lawas PS1 dengan detail grafis yang cenderung lebih bagus daripada biasanya.

Selain itu, FPse juga memiliki interface yang cukup simple dan sederhana. Dengan tampilan yang simple, kamu bisa memilih game yang tersedia di daftar dan memainkannya dengan mudah tanpa adanya hambatan atau lag pada sistem.

Lalu, bagaimana dengan detail software yang satu ini?

Untuk ukuran file, FPse cenderung sangat kecil dengan ukuran hanya 6.8 MB saja. Selain itu, FPse bisa dijalankan untuk segala OS Android, bahkan untuk OS Android versi lama. Hanya saja, FPse termasuk emulator yang berbayar. Kamu perlu membayar sekitar Rp 50.000 untuk mendapatkannya secara official.

6. PPSSPP

Emulator PPSSPP
play.google.com

Pilihan emulatpr lain yang bisa digunakan untuk memainkan game PS1 di Android adalah PPSSPP. Sebenarnya, emulator ini adalah versi PSP untuk platform yang berbeda, di mana PSP sendiri sudah ditarik peredarannya oleh Sony sekitar tahun 2014 yang lalu.

Bisa dikatakan jika PPSSPP bukan software terbaru untuk memainkan game-game lawas favorite kamu. Hanya saja, software yang satu ini bisa dijadikan salah satu pilihan terbaik dan sangat menarik. Selain simple, PPSSPP juga cenderung lebih mudah digunakan.

Saat menggunakan PPSSPP, kamu berkesempatan untuk mengatur detail setting serta grafis pada game yang akan dimainkan. Dengan demikian, nantinya game yang kamu mainkan bisa berjalan dengan lebih lancar tanpa adanya lag yang muncul.

PPSSPP sendiri tersedia dalam dua versi yang berbeda, yaitu versi silver dan versi gold. Untuk kamu yang ingin mendapatkan fitur lebih lengkap dan stabilitas yang lebih baik, versi PPSSPP gold bisa dijadikan opsi menarik. Hanya saja, Kamu harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan akses terkait software tersebut. Harga yang harus dibayar pun cukup terjangkau, yakni Rp 20.000 saja.

Kesimpulan

Beberapa poin di atas adalah rekomendasi emulator PS1 Android yang bisa Kamu pilih. Masing-masing software memiliki fitur dan kelebihan sendiri-sendiri. Kamu bisa membandingkan beberapa software di atas dan memilih mana emulator terbaik yang cocok untuk memainkan game lawas PS1 untuk membangun nostalgia waktu muda.

Kini, main game lawas tak perlu lagi perangkat keras tambahan. Cukup install emulator, dan kamu bisa kembali bermain game lawas di PS 1.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.