Ukuran Foto Sesuai Standar dan Pas Foto Cetak

Di era serba digital seperti sekarang ini, foto telah menjadi gaya hidup hampir seluruh kalangan masyarakat. Melalui foto, kamu dapat menyimpan berbagai momen penting dan istimewa yang tidak akan terulang kembali di dalam hidup kamu.

Biasanya, foto dengan momen yang indah pasti ingin sekali dicetak dan dipajang di dinding rumah.  Oleh sebab itu, mengetahui ukuran foto sangatlah penting bagi kamu.

Selain dijadikan sebagai media untuk mengabadikan momen spesial, foto juga sangat diperlukan dalam beberapa aspek kehidupan. Seperti pendidikan dan pemerintahan untuk pembuatan kartu identitas diri.

Dikarenakan ukuran serta fungsi foto yang sangat beragam, maka ISO telah menetapkan jenis kertas seri R, yakni jenis kertas yang banyak digunakan untuk mencetak foto. Tentu saja jenis kertas ini berbeda dengan seri kertas yang biasa digunakan untuk mencetak majalah dan lain sebagainya. Ingin tahu informasinya lebih lajut? Berikut penjelasannya.

DAFTAR ISI

Ukuran Foto Berstandar Internasional

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, foto memiliki ukuran yang sangat beragam. Ukuran tersebut tentu saja tidak dibuat secara asal atau sebatas perkiraan belaka, melainkan telah ditetapkan sesuai standar internasional yang berlaku. Adapaun size atau dimensi foto sesuai dengan standar internasional yaitu:

foto

Ya, itu dia berbagai varian ukuran foto yang sesuai dengan standar internasional. Daftar size foto di atas, bisa menjadi acuan kamu ketika memilih bingkai foto yang akan dicetak sehingga ukurannya tepat dan pas.

FYI meskipun dalam standar internasional jenis ukuran kertas foto dimulai dari 2R, namun sebenarnya masih ada begitu banyak percetakan yang menawarkan ukuran mulai dari 1R, yakni foto dengan ukuran 5 x 7,5 cm.

Ukuran Foto Berdasarkan Fungsinya

Jika sebelumnya kamu telah menyimak size foto berdasarkan standar internasional, kini ada pula size foto berdasarkan fungsinya. Agar semakin memudahkan kamu dalam memiliki berbagai ukuran sesuai kebutuhan, berikut ini adalah macam-macam size kertas foto berdasarkan fungsi atau kegunaannya:

  • Ukuran 3×4

Ukuran 3×4 adalah ukuran yang paling sering kamu temui pada berbagai dokumen penting serta resmi, dan contohnya yaitu CV atau formulir data pribadi, kemudian Ijazah serta surat penting lainnya.

Biasanya foto dengan ukuran ini menggunakan latar belakang atau backgorund berwarna merah, biru atau abu-abu sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan sebelumnya.

  • Ukuran 3R

Selain ukuran 3×4, 3R juga merupakan salah satu ukuran yang paling umum digunakan. 3R memiliki ukuran 8,9 x 12,7 cm atau 3,5 x 5 inchi.  Akan tetapi,  jika ingin mencetak foto dengan ukuran ini, kamu harus benar-benar memperhatikan resolusi foto yang akan dicetak terlebih dahulu.

Resolusi file foto yang akan dicetak 3R minimal harus 1051 x 1500 pixel agar gambar yang dihasilkan tidak blur atau pecah.

  • Ukuran 4R

Foto berukuran 4R merupakan ukurain ideal jika ingin dipajang pada dinding atau meja kamar, karena ukurannya yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Ukuran foto 4R setara dengan 4×6 inci atau 10,2 x 15,2 cm.

Resolusi file foto yang akan dicetak juga perlu diperhatikan agar gambar yang dihasilkan tidak pecah. Yaitu dengan resolusi minimal 1500 x 2102 pixel untuk ukuran 4R.

  • Ukuran 10R

Foto dengan ukuran 10R ini biasanya aka dipajang di ruang tamu, seperti foto wisuda, foto keluarga atau foto pernikahan. Jika dikonversi ke dalam cm, 10R memiliki ukuran 25,4 x 30,5 cm. cukup besar bukan?

Untuk mencetak foto dengan ukuran 10R kamu pun perlu memperhatikan resolusi file foto agar hasilnya maksimal. Sebenarnya, hal tersebut tidak hanya berlaku untuk 10R saja, melainkan size foto yang lainnya. Adapaun resolusi minimal agar hasil yang didapatkan maksimal yaitu:

ukuran

Dengan memperhatikan ukuran file foto di atas, maka hasil cetak foto dijamin akan jelas, detail, jernih, bersih dan tidak pecah.

Jenis Kertas Cetak Foto

Sudah paham dengan ukuran foto dan resolusi file foto, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis kertas yang cocok untuk mencetak foto. Jenis kertas yang digunakan untuk mencetak foto cukup beragam, tentu saja dilengkapi dengan kelebihan serta kelemahannya masing-masing. Adapaun jenis kertas cetak foto yaitu:

  1. Matte

Sesuai dengan namanya, kertas foto yang satu ini memiliki permukaan yang matte atau doff. Jika kamu menyukai foto bertema klasik berwarna hitam putih, kertas foto matte adalah pilihan yan tepat karena teksturnya yang terkesan lebih klasik.

  1. Glossy

Kebalikan dari matte, permukaan kertas jenis ini yaitu mengkilap atau glossy. Membuat hasil foto tampak mengkilap serta memiliki warna yang tajam. Akan tetapi foto dengan kertas jenis ini lebih rentan terhadap goresan sehingga mudah rusak.

  1. Metalic

Adalah jenis kertas yang hampir sama dengan glossy, akan tetapi metalic memiliki kualitas yang lebih bagus serta mampu menjaga foto dari goresan sehingga lebih awet dan tahan lama.

  1. Luster

Jika kamu menginginkan foto dengan kualitas terbaik, maka luster adalah jawabannya. Memiliki tekstur khas seperti mutiara, komposisi warna yang sempurna serta tidak meninggalkan sidik jari adalah keunggulan dari jenis kertas ini.

Jadi itu lah informasi ukuran foto, jenis kertas dan info lain seputar foto yang wajib kamu ketahui. Informasi di atas bisa kamu jadikan sebagai patokan jika ingin mencetak foto dengan hasil terbaik.

Artikel terkait:

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.