Cara Dropship di Shopee

Untuk memulai sebuah bisnis, modal bukanlah satu-satunya faktor yang bisa menentukan apakah kamu bisa membuka dan menjalankan bisnis tersebut. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bisnis yang bisa dimulai tanpa modal. Artinya, hanya berbekal kemauan, ketekunan dan skill pun kamu sudah bisa mulai berbisnis.

Salah satu bisnis tanpa modal yang saat ini banyak menarik minat para pembisnis, baik senior maupun mereka yang masih pemula adalah dropship di Shopee.

Meski terlihat sangat mudah, namun cara dropship di Shopee harus dilakukan secara benar. Sehingga hasil yang didapatkan pun akan maksimal. Ya, ada banyak hal yang perlu kamu pahami untuk menjalankan bisnis ini, termasuk trik-trik memperoleh penghasilan besar hanya dari dropship.

Tapi, sebelum membahas lebih lanjut, mungkin kamu penasaran mengapa harus Shopee? Sementara ada banyak platform lain yang bisa digunakan untuk berjualan online.

Mengapa Harus Shopee?

Seperti yang kamu ketahui, dalam beberapa tahun terakhir Shopee memang sedang naik daun berkat promo gratis ongkirnya yang sangat menarik. Tak hanya itu, marketplace yang identik dengan warna orangenya ini juga memiliki begitu banyak supplier dengan jenis produk yang sangat lengkap. Bahkan, bisa dikatakan apapun yang kamu butuhkan, semua tersedia di Shopee.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, tak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang beralih ke marketplace ini ketika membutuhkan segala macam barang. Artinya, Shopee sudah dianggap sebagai “pasar” untuk berbagai kalangan masyarakat.

Cara Memesan Barang Untuk Dropship di Shopee

Tertarik untuk menjalankan bisnis dropship di Shopee? kamu bisa mengikuti cara-cara dropship di Shopee berikut.

1. Buat Akun Shopee

Langkah awal yang harus kamu lakukan tentu dengan membuat akun Shopee. Kamu bisa daftar menggunakan nomor HP atau email, dan siapkan password yang mudah diingat.

2. Cari Barang dan Beli

Sebelum mulai berjualan, kamu harus tahu produk apa yang ingin dijual. Misalnya fashion wanita, maka kamu harus mencari vendor atau barang yang diinginkan.

Selanjutnya beli produk tersebut dengan klik “Beli Sekarang” atau masukkan ke dalam keranjang Shopee terlebih dahulu untuk dicheck out lain waktu.

Usahakan untuk memilih satu vendor terbaik, dan jangan gunakan beberapa vendor sekaligus saat ingin dropship. Karena hal ini akan berpengaruh pada ongkir yang ditanggung pembeli nantinya.

Sebut saja jika kamu ingin membeli 2 gamis, maka pilih dari satu vendor yang sama, sehingga dapat menghemat ongkir.

3. Check Out

Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman belanja. Centang produk yang ingin diproses, kemudian klik checkout. Jika kamu sudah mengklaim voucher, pilih voucher yang bisa digunakan, baik free ongkir maupun diskon.

4. Isi Alamat Penerima

Sebelum melakukan pembayaran, kamu harus mengisi alamat pembeli terlebih dahulu. Isi seluruh data yang dibutuhkan, mulai dari nama penerima, nomor hp, alamat lengkap bahkan navigasi alamat.

Klik OK jika semua data yang dibutuhkan sudah terisi.

5. Kirim Sebagai Dropship

Ini dia kunci menjadi dropship di Shopee, yakni selalu aktifkan kolom “kirim sebagai dropshipper” lalu isi nama dan nomor Hp kamu.

Scroll ke bawah dan pilih metode pembayaran yang diinginkan. Lalu lakukan pembayaran dalam jangka waktu kurang dari 24 jam setelah pesanan dibuat.

Dari penjelasan di atas, mungkin kamu masih cukup bingung, produk apakah yang harus dipesan dan dikirim sebagai dropshipper. Jadi, sistem yang digunakan disini adalah, kamu mencari produk terlebih dahulu dari satu vendor di Shopee.

Selanjutnya pasarkan, baik melalui Instagram, WhatsApp, Facebook, Twitter atau media lain. Setelah ada yang memesan, kamu bisa membeli produk dari Shopee kemudian dikirim ke alamat pembeli.

Sistem tersebut bisa diterapkan jika pembeli melakukan pembayaran langsung ke rekening pribadi kamu. Lalu bagaimana jika kamu ingin menjualnya kembali melalui Shopee? Maka syarat-syarat berikut harus kamu perhatikan.

Dropship dari Shopee ke Shopee.

Sering kali customer lebih tertarik pada online shop yang memiliki akun jualan di Shopee, sehingga mereka bisa check out langsung di Shopee. Selain untuk mendapatkan gratis ongkir, melakukan transaksi melalui marketplace juga dirasa lebih aman.

Untuk memenuhi keinginan para customer, kamu pun bisa dropship dari Shopee ke Shopee. Tapi sebelumnya, ada beberapa syarat dan juga tata cara yang perlu kamu ketahui, yakni.

Berikut poin-poin penting yang perlu kamu perhatikan jika ingin dropship dari Shopee ke Shopee:

1. Jenis Produk

Seperti yang sudah disebutkan di atas, memilih produk yang tepat adalah langkah awal yang sangat penting, dan harus dipikirkan matang-matang. Dari sekian banyak produk yang dijual di Shopee, kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan segmen/target pemasaran.

2. Mencari Supplier

Setelah menentukan jenis produk yang ingin dijual, kemudian cari supplier yang tepat. Carilah supplier dengan harga paling rendah dan kualitas baik. Mengingat nantinya kamu akan menjual kembali produk tersebut dengan harga yang sedikit lebih tinggi.

Nah, nantinya alamat supplier ini juga akan jadi alamat toko kamu. Sebab pengiriman barang nantinya akan langsung dilakukan dari alamat supplier. Hal ini juga akan berpengaruh pada besar kecilnya ongkir yang harus dibayar pembeli.

Semisal kamu berdomisili di Semarang, namun menemukan supplier asal Surabaya. Maka alamat toko Shopee kamu harus diisi Surabaya.

3. Menyiapkan Modal

Bukankah dropship termasuk bisnis tanpa modal? Memang benar, namun hal tersebut berlaku sepenuhnya jika kamu melakukan penjualan di media lain seperti Instagram, karena pembeli akan langsung menstransfer ke rekening pribadi kamu.

Akan tetapi, jika dropship dilakukan dari Shopee ke Shopee, maka kamu harus memiliki modal awal terlebih dahulu. Modal ini akan digunakan untuk membeli produk dari supplier yang dikirim ke pembeli. Mengingat uang yang ditransfer pembeli ke Shopee hanya bisa kamu terima setelah pembeli meng-klik “Pesanan Diterima”.

Artinya, uang dari pembeli tidak bisa kamu gunakan langsung untuk memesan produk ke supplier. Setelah pesanan selesai, baru kamu bisa mengembalikan modal sekaligus mendapat keuntungannya.

Langkah-Langkah Berjualan Dengan Sistem Dropship di Shopee

Setelah mengetahui hal-hal penting yang perlu disiapkan, kamu bisa langsung mengikuti langkah atau cara dropship di Shopee berikut ini.

1. Buat Akun

Bukan akun lagi? Benar sekali, kali ini kamu bisa membuat langsung untuk digunakan sebagai tempat berjualan. Jika kamu sudah memiliki akun juga bisa menggunakan akun lama tersebut.

2. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Fitur terpenting yang harus kamu aktifkan adalah fitur gratis ongkir, sebab ini akan sangat menarik pelanggan belanja di toko kamu. Jika kamu belum mengaktifkan fitur ini, kemungkinan pengguna Shopee akan berfikir ulang untuk belanja di toko kamu.

Fitur ini juga mendorong pelanggan membeli produk dalam jumlah lebih banyak. Yang awalnya ingin membeli 1 produk saja seharga Rp. 20.000, demi mendapatkan gratis ongkir (min pembelian 30rb), maka pelanggan akan terdorong untuk membeli 2 atau 3 produk sekaligus.

3. Masukkan Data Ban

Masukkan data bank secara lengkap, yang mana nantinya uang yang kamu dapatkan dari Shopee akan masuk ke rekening tersebut.

4. Isi Alamat Supplier

Pada poin sebelumnya sudah dijelaskan, jika alamat yang kamu gunakan adalah alamat supplier. Ini sangat penting dilakukan agar kamu tidak mengalami kerugian akibat ongkir yang membengkak.

5. Unggah Foto dan Deskripsi

Cara dropship di Shopee berikutnya adalah dengan mengunggah foto beserta deskripsinya secara lengkap. Kamu juga harus membuat judul/nama produk sesuai dengan keyword yang sering digunakan oleh para customer.

Resi Otomatis Jadi Poin Penting

Fitur resi otomatis sering kali menjadi kendala para dropshipper Shopee. Untuk mengatasi hal ini, sebelumnya kamu harus bekerjasama dengan pihak supplier terlebih dahulu.

Bilang ke pihak supplier jika kamu ingin menjual kembali produknya secara dropship di Shopee, sehingga resi yang digunakan untuk pengiriman bisa diberikan pada kamu.

Meskipun kamu harus input resi j&t, jne atau lainnya, namun tidak ada terjadi resi double.

Bagaimana, ada kesulitan dengan cara-cara dropship di Shopee? Dengan ketekunan dan praktik yang benar, bukan hal mustahil bagi kamu meraih kesuksesan dalam waktu dekat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.